Pesona Kota Tulungagung Jawa Timur (Pesona Taman Alon-alon)





     Alun - alun Tulungagung terletak di jantung kota Kabupaten Tulungagung yaitu di Jl. R. A. Kartini. Luas kawasan alun – alun kurang lebih sekitar 1 km persegi, desain taman alun - alun berbentuk radial,karena ditengah aln - alun terdapat ciri khas yaiu menara dengan patung lambang negara Indonesia burung Garuda. Kawasan alun – alun dulunnya adalah sumber air di Tulungagung. Berapa puluh tahun yang lalu Tulungagung juga terkena musibah banjir banding. Tetapi dengan dibangunnya Terowongan Niama yang berada di Kecamatan Besuki, akhirnya sampai sekarang Tulungagung menjadi daratan seperti sekarang ini. Terowongan Niama dibangun pada masa penjajahan Jepang dengan menjebol gunung yang ada di daerah tersebut. Dan akhirnya, banjir yang sekian lama melanda Tulungagung dapat teratasi.

Image result for taman alon alon tulungagung

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon merupakan icon dari Kabupaten Tulungagung. Taman alun-alun Tulungagung ini dulunya bernama “Taman Kusuma Wicitra”, namun sekarang taman ini berubah nama menjadi “Taman Aloon-Aloon”, pergantian ini disahkan oleh bupati baru Kabupaten Tulungagung yaitu Syahri Mulyo.SE, M.Si. Alasan pergantian nama ini adalah bupati Syahri Mulyo ingin mengembalikan fungsi asalnya yaitu sebagai alun-alun,“Kami rubah namanya ke fungsi asalnya. Namanya Alun-alun ya Alun-alun. Namanya menjadi Taman Alun-Alun, karena Alun-alun ada tamannya,” ujar Bupati Syahri, Selasa (17/6).









 Perubahan Nama alun-alun Kabupaten Tulungagung


Kesan asri, hijau, rindang, dan  menyejukkan akan terucap dalam hati setiap orang yang singgah di sini. Hampir setiap hari libur atau weekend, Taman Aloon-Aloon ramai pengunjung, pengunjungnyapun beragam dari lansia, dewasa, remaja dan anak-anak. Taman alun - alun ini merupakan standart taman bermain anak - anak dan juga taman olahraga. Aktivitas-aktivitas di Taman Aloon-aloon ini cukup beragam, sekedar santai, atau sedang melakukan aktivitas lain seperti olah raga, bermain, belajar atau pun berlatih sesuatu. Aktivitas yang beragam ini tentu ada karena disediakannya berbagai fasilitas-fasilitas penunjang, seperti bangku-bangku yang cukup banyak untuk bersantai dan juga dipergunakan untuk belajar bersama, tempat refleksi kaki untuk kesehatan di beberapa tempat, arena lapang yang cukup luas untuk bermain, arena outbond di dua sudut Taman Aloon-Aloon, ada juga beberapa sangkar burung merpati, dua toilet dan baru-baru ini sedang dibangun arena skateboard dan bangku-bangku tambahan yang disertai dengan meja. Di tengah Taman Aloon-Aloon terdapat menara patung garuda setinggi kurang lebih 30 meter yang menjadi icon dari taman ini sekaligus menjadi icon dari Kabupaten Tulungagung.




Komentar

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer