Cara Terbaik Apabila Gagal SBMPTN

     Pasti kalian deg-degan, resah, bingung, optimis menjelang pengumuman SBMPTN. Ketika kalian dinyatakan gagal SBMPTN kalian pasti merasah sedih, marah, kecewa. Tetapi, semuai itu tidak akan menyelsaikan masalah kalian. Percayalah Tuhan pasti memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya yang berusaha. 
     Kali ini saya akan membahas Cara Terbaik Apabila Gagal SBMPTN. Berikut adalah caranya  :

1. MENGIKUTI JALUR MANDIRI PTN
    Pilian pertama untuk kalian yang gagal SBMPTN adalah mengikuti Jalur Mandiri. Beberapa PTN       menggunakan nilai SBMPTN yang sudah lebih dulu diujikan untuk masuk Jalur Mandiri , tetapi         banyak juga yang menggunakan Tes untuk masuk ke PTN tersebut.
    PTN yang menggunakan nilai SBMPTN untuk Jalur Mandiri 2017:
    1. Universitas Airlangga
    2. ITS (Institut Teknologi Surabaya)
    3. Universitas Brawijaya
    4. UPI
    5. UNS
    6. UPN Veteran Jakarta
    7. UNSOED
    PTN yang menggunakan Tes untuk Jalur Mandiri 2017:
    1. UGM
    2. IPB
    3. UNJ
    4. UNDIP

2. MASUK DIPLOMA PTN, POLITEKNIK, PTS
    Cara selanjutnya yang bisa dipilih adalah masuk diploma. Bedanya D3 dan S1 adalah kalau D3           kuliahnya lebih cepat yaitu 3 Tahun dan perkuliahannya lebih ke praktek sedangakn S1 4 Tahun.         Apabila kalian masuk D3, setelah lulus D3 juga bisa melanjutkan ke S1 namanya Program Alih          Jenjang/Jenis. Apabila melanjutkan ke S1 kalian akan menambah 2 Tahun masa perkuliahan

3. MASUK PTS
    Cara selanjutnya adalah masuk PTS. Kebanyakan yang gagal SBMPTN larinya adalah ke PTS.           Maka dadi itu, saingan mask PTS juga berat, apalagi PTS Favorit. Tetapi , kalian bisa                           menggunakan cara ini apabila gagal SBMPTN. Banyak PTS yang kualitasnya bagus seperti                 BINUS, Universitas Gunadarma, UMM, dll.

4. MENGIKUTI SBMPTN TAHUN DEPAN
    Cara Terakhir adalah mengikuti SBMPTN tahun depan. Kalian bisa bekerja dulu sambil belajar           SBMPTN agar lebih siap menghadapinya. Ini adalah pilihan yang bijak.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer