Contoh Berita Feature


Dari Kegemaran Menjadi Agen Perubahan
Jurnalisme adalah kegiatan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menyebarkan informasi kepada publik. Sekarang kegiatan jurnalisme tidak hanya dilakukan oleh wartawan saja. Namun juga bisa dilakukan oleh warga yang disebut dengan Citizen Journalist. Citizen Journalist yaitu kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh warga. Robi Juniarta, adalah salah satu sosok yang menjadi Citizen Journalist. Pria asal Tulungagung ini sudah 1 tahun menjadi citizen journalist.
          Pria kelahiran Banyuwangi ini awalnya hanya iseng upload video ke www.netcj.com karena kegemarannya membuat video. “Ya kan saya suka travelling, nah pas travelling itu saya suka membuat video. Setelah tahu ada NETCJ saya mengupload beberapa video saya. NET CJ sendiri adalah platform yang mewadahi video-video kiriman para citizen journalist. Ternyata beberapa video saya tayang di program NET 10. Yah jadi ketagihan deh membuat video” ungkapnya. Ternyata beberapa video yang diupload ditayangkan di program Net 10. Mulailah ia terus membuat video dan menguploadnya ke www.netcj.com. Awalnya video yang ia upload banyak yang tidak di approve, tetapi karena ketekunannya akhirnya menjadi tahu tips agar video mudah diapprove oleh pihak redaksi. Honorarium untuk per video adalah Rp 300.000 untuk liputan dalam negeri.
          Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi ini sering membuat liputan tentang kuliner dan wisata. Ia ingin memperkenalkan potensi kuliner dan wisata di daerahnya. Selain kuliner dan wisata, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini juga sering membuat liputan tentang bisnis. Hingga kini, video yang ia kirim lebih dari 45 video. Menurutnya, seorang CJ juga bisa menjadi agen perubahan. Ia pernah membuat liputan tentang kabel yang semrawut di Jalan Borobudur, Malang dan setelah ditayangkan keadaan kabel yang semula semrawut menjadi lebih baik. Sebuah karya Citizen Journalist harus mampu menjadi sarana berbagi informasi, mengkritisi kebijakan, serta sebagai wadah berkarya pegiat Jurnalisme dari klangan warga biasa.
          Hasil jerih payahnya menjadi citizen journalist juga membuahkan hasil. Ia bisa membeli sebuah kamera dan beberapa peralatan lainnya yang mendukung kegiatannya. Selain itu, ia juga pernah diundang produser NET CJ di acara Indonesian Choice Awards 5.0 bersama 30 citizen journalist lainnya. Dari ribuan CJ yang tergabung, hanya dipilih 30 CJ untuk menyaksikan secara langsung acara paling bergengsi Net Tv tersebut.  Pria yang berumur 19 tahun ini juga pernah menjadi juara 4 kompetisi video yang diadakan oleh NET CJ.
          Menurutnya, anak muda harus kreatif dan produktif. Karena sekarang kita telah difasilitasi oleh teknologi. Selain itu, juga banyak platform yang mewadahi karya-karya kita, salah satunya NET CJ. Menjadi seorang CJ tidak harus punya kamera yang bagus. Banyak CJ yang hanya menggunakan smartphone untuk menuangkan karyanya. “Tidak harus punya kamera bagus untuk menjadi CJ. Menggunakan smartphone yang kita punya juga bisa. Banyak juga CJ yang menggunakan smartphone untuk liputan. Yang penting kemauan aja sih”, ungkapnya. Semua itu hanya dibutuhkan kemauan dan ketekunan. Menurutnya, sesutu yang kita miliki harus membuahkan hasil.
         

Komentar

Postingan Populer