Menjadi Citizen Journalist



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

          Kali ini saya akan menulis artikel tentang Citizen Journalism. Sesuatu yang sekarang sedang saya tekuni. Citizen Journalism yaitu kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh warga. Semua masyarakat bisa menjadi jurnalis dengan mengirimkan hasil liputan mereka ke media. Selain mendapatkan bonus tentunya, juga bisa mengenaljan potensi daerah kita dan menambah kepekaan kita terhadap peristiwa sekitar.
          Dulu, awalnya saya hanya coba coba, karena saya suka membuat video. Kemudian saya iseng mengirim video saya tentang kuliner khas Tulungagung ke NETCJ.CO.ID. Dan ternyata beberapa hari setelahnya, saya dapat notifikasi bahwa video saya tayang di Net 10 . Sejak saat itu saya semakin ketagihan membuat liputan-liputan lalu saya kirimkan ke media antara lain NET TV dan TRANS 7. Hingga sekarang kurang lebih ada 45 vieo saya yang tayang di NET dan TRANS 7.
          Semua orang bisa menjadi Citizen Journalist. Tidak harus mempunyai kamera yang bagus. Cukup kamera hp sudah bisa menjadi bagian dari CJ. Awalnya beberapa vdeo saya juga banyak yang tidak di approve, tetapi kemudian saya mengetahui yang kurang dari hasil liputan saya seperti mainstream, kurang menarik, kurang informatif, dan lain-lain. Tetapi semakin lama saya menjadi lebih paham tips agar video hasil liputan kita bisa tayang.







(beberapa video saya yang tayang)
          Dengan menjadi bagian dari Citizen Journalist, kita bisa memperkenalkan potensi daerah kita. Contohnya saya beberapa kali membuat tentang potensi wisata dan kuiner di kota saya. Dengan demikian, kita juga mempromosikannya. Selain itu, saya menjadi lebih peka terhadap peristiwa/momen sekitar. Seperti dulu saya pernah meliput tentang semrawutnya kabel di jalan raya dan tayang. Sekarang kondisi kabel tersebt sudah lumayan rapi. Selain tu, kita juga bisa berbagi informasi atau tips, seperti contoh diatas vdeo saya tentang tips fotografi.
          Dengan menjadi CJ, saya bisa membeli kebutuhan seperti alat videografi, dan lain-lain. Untuk fee liputan yang berhasil tayang sebesar Rp. 300.000,00 per video. Sedangkan untuk video ekslusif kisaran Rp. 1.000.000,00-3.000.000,00.
          Ayo jadi agen perubahan dengan menjadi bagian dari CITIZEN JOURNALIST.
          Demikian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Komentar

Postingan Populer